Senin, 11 April 2016

Proses Pencernaan Pada Hewan Memamah Biak

Hewan di dunia ini terdiri dari berbagai macam spesies yang dibedakan menurut habitatnya. Ada salah satu hewan yang perlu anda ketahui yaitu hewan memamah biak. Ini adalah sekelompok hewan yang akan mengunyah kembali makanannya setelah makanan tersebut dicerna didalam lambungnya. Ini adalah spesies Artiodactyla yang mana kelompok hewan yang memiiliki jari yang genap. Beberapa yang termasuk dalam hewan yang memamah biak adalah sapi, unta, kambing, antelop dan jerapah. Hewan – hewan tersebut merupakan jenis herbivore yaitu hewan pemakan tumbuhan. Untuk mencerna dedaunan yang mereka makan, hewan – hewan ini akan kembali mengunyahnya setelah makanan masuk ke lambung. Berikut ini adalah proses binatang memamah biak yang perlu anda ketahui:

- Proses awal

Proses awal pada hewan memamah biak tentu ada pada saat makanan masuk ke mulut. Perlu anda ketahui bahwa rongga mulut pada hewan ini terdiri dari gigi, kelenjar ludah dan lidah. Yang unik pada proses awal saat makanan mulai masuk adalah makanan langsung ditelan melalui kerongkongan terlebih dahulu . Jadi singkat kata, hewan jenis ini akan menyerap makanan atau tumbuhan sebanyak-banyaknya terlebih dahulu, sebelum mereka mengeluarkan makanannya kembali untuk diolah menjadi lebih halus. Hal ini tentu akan membuat makanan yang dicerna oleh hewan ini memiliki nutrisi yang baik untuk diserap.



- Proses pencernaan

Tiba saatnya saat makanan ditelan melalui kerongkongan ke dinding lambung. Perlu anda ketahui bahwa lambung pada binatang memamah biak ini memiliki ciri khas tersendiri disbanding jenis hewan lainnya. Hewan ini memiliki lambung yang terdiri dari empat jenis yaitu rumen, abomasum, omasum dan reticulum. Rumen berfungsi untuk menyimpa makanan sementara sebelum makanan tersebut diolah secara halus. Selain itu, reticulum berfungsi untuk menerima makanan yang akan halus dari rumen yang akan disalurkan ke rongga mulut. Setelah makanan dikunyah dengan halus, lalu makanan tersebut dikemnalikan ke omasum dan disalurkan lagi ke obmasum.

Itulah penjelasan mengenai proses pencernaan yang ada di hewan memamah biak yang perlu anda ketahui.

Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar