Jumat, 03 November 2017

genus anyar, bengkarung pseudocalotes dari sumatra barat

pseudocalotes ialah bengkarung yang melimpah dijumpai di benua asia terpenting asia tenggara. paling tidak ada 22 genus jenis pseudocalotes yang terdapat di benua asia. di sumatra, invensi bengkarung dari jenis pseudocalotes terakhir kali pada tahun 2014 sebesar tiga tipe ialah pseudocalotes cybledirmus, pseudocalotes guttalineatus, serta pseudocalotes rhammanotus. invensi terbaru bengkarung ini dikasih julukan keilmuan/latin pseudocalotes baliomus yang diterbitkan pada 12 juni 2017 di buletin zootaxa.

genus anyar ini sesungguhnya telah sempat ditemui oleh seseorang kolektor yang berjulukan s. müller pada abad penguasa hindia belanda tahun 1833–1835. akan tetapi, kolokter itu enggak memasok julukan genus itu.

pseudocalotes baliomus

ilustrasi 1. holotype pseudocalotes baliomus laki-kaki.

deskirpsi: ilmu bentuk kata pseudocalotes baliomus ini ada keunikan komponen bahu ada becak putih; corak badan hijau belia; ada 3-4 interoculabial; skala sisik di komponen bawah melabu; komponen ventral lebih minim dari dorsal; akar jemari ketiga ada lamela; lidah serta mulut beragam biru keputihan; tympanum kelihatan nyata; ada antara realtif bidang jebab belantara antara klimaks dorsal serta nuchal; akhir enggak amat berat serta ukurannya dua kali jauh badan; enggak adanya cucuk besar di kawasan nuchal serta postorbital, kepala yang relatif ketang. menurut informasi morfometri, genus anyar ini lebih dekat kemiripannya atas p. rhammanotus serta p. tympanistriga (bagan 1).

ilustrasi 2. ilmu bentuk kata kepala serta pigmentasi epitel mulut pseudocalotes baliomus.

filogeni: pengurangan molekular pula dijalani buat memahami filogenetik dari genus anyar itu. selaku analogi, dipakai 26 ilustrasi atas memakai gen nadh dehydrogenase subunit 4 (nd4). bentuk rekonsturksi filogeni atas memakai bayesian serta maximum likelihood. perolehan rekronstruksi filogeni (ilustrasi 3) membuktikan ada dua clade yang mana clade pertama terdiri dari p. cybelidermus serta p. guttalineatus sebaliknya clade kedua terdiri dari p. baliomus, p. tympanistriga, serta p. rhammanotus. menurut informasi filogeni molekular itu, ada analogi atas informasi ilmu bentuk kata.

ilustrasi 3. filogeni bengkarung pseudocalotes menurut sekuens gen nd4.

penyaluran: holotype genus ini ditemui di sumatra barat. karna ilustrasi paratipe enggak ada informasi lokalitas yang tentu, genus ini cuma diketahui dari contoh lokalitas. tpe lokalitas (ilustrasi 4) terdapat di dalam alam peralihan antara kawasan zoogeografis pesisir barat serta kerinci. pada ketika arestasi, ilustrasi holotipe laki-kaki, tempatnya kurang lebih 3, 5 meter di berdasarkan cabang pokok kayu minim dekat satu buah bengawan minim serta sebagian m dari pinggir jalur.


ilustrasi 4. penyaluran bengkarung pseudocalotes sumatra serta jawa.

etimologi: amal julukan indeks genus itu menurut kepribadian eksklusif dari genus bengkarung anyar itu ialah ada bahu atas becak putih. balios = becak; omos = bahu.

kategorisasi pseudocalotes baliomus

.. kingdom: animalia
.. .. filum: chordata
.. .. .. kategori: reptilia
.. .. .. .. ordo: squamata
.. .. .. .. .. subordo: iguania
.. .. .. .. .. .. ahli: agamidae
.. .. .. .. .. .. .. subfamili: draconinae
.. .. .. .. .. .. .. .. jenis: pseudocalotes
.. .. .. .. .. .. .. .. .. genus: pseudocalotes baliomus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar